Kamis, 27 Juni 2013

Ajining Diri Gumantung Saka Lathi (Kehormatan Diri Tergantung Pada Lisan Kita)

Chirpstories

"Ajining Dhiri Gumantung Saka Lathi, Ajining Raga Gumantung Saka Busana." Edisi memetri ular-ular jawa, yang penuh dengan falsafah hidup.

Ajining Dhiri Gumantung Saka Lathi, menika nggadahi makna bilih sak sinteno kemawon badhe gadah raos wuh pekewuh, raos sungkan...
                 
... lan ngajeni dumateng kulo panjenengan sami menawi sedaya rembag lan wicanten kula panjenengan sami tansah sareh, ugi...

... menawi ngendikan dumateng rencang, sederek ingkang enem utawi ingkah sepuh tansah nglembah manah. #nasehat

Ajining Raga Gumantung Saka Busana, ukara meniko mengku karep bilih raga kula lan penjenengan sami meniko wadahipun rasa. #nasehat

Raga utawi badan meniko ingkang dipun pirsani sok sinteno kemawon, pramila busana penting sanget tumrapipun raga...

Busana kagem nutupi aurat, busana saget ndadosaken raga ketawis sae dipun pirsani, lan busana ugi ndadosaken raga aman. #nasehat

"Ajining Dhiri Gumantung Saka Lathi, Ajining Raga Gumantung Saka Busana." Kawan, berhati-hatilah sll dlm berucap maupun berbusana. #nasehat

Berucap tdk sll hrs dg lisan kita. Bahkan skrg jari-jari kita pun lincah menebar kata dan kalimat. Apapun yg kita ketik, itulah diri kita.

Kehormatan diri kita akan tampak dari apa yang kita ucapkan melalui lisan kita, dan dari apa yang kita tulis melalui tangan kita. #nasehat

Setiap kata yg kita eja, setiap huruf yg kita tulis, mengandung makna yg hrs kita pertanggungjawabkan. Krn ia jg pertaruhan kehormatan kita.

Kawan, perhatikan busana kita. Dia harus memenuhi tiga unsur penting fungsi busana: menutup auratmu, enak dipandang, dan aman.

Jangan pernah menawar fungsi utama busana, menutup aurat. Karena sungguh, kehormatan raga kita sangat ditentukan oleh yang satu ini.

Fungsi busana dari sisi keindahan (estetika) dan keamanan adalah pelengkap dan penyempurna fungsi utama tadi. Agar terjamin nilai diri kita.

Dalam dunia dakwah pun, jangan pernah melupakan #nasehat tua ini: Ajining Dhiri Gumantung Saka Lathi, Ajining Raga Gumantung Saka Busana

Tatap lekat diri kita dlm berucap dan mengeja tiap kata, patut dan kaca raga kita dlm memilah dan memilih busana. Tampilkan kita sll prima.

Maka manusia pun akan senang memandang kita. Luluhlah hatinya. Maka sedikit saja sentuhan kebaikan, mereka akan berbaur dan bersama kita.

Busana tdk melulu apa yang melekat di raga kita. Ia bisa mengandung makna semua bentuk aktifitas fisik kita, gerak tubuh kita, gesture kita.

Jika kita mengenal ada dakwah bil lisan, maka kita juga dikenalkan dengan dakwah bil hal. Bil lisan dengan ucapan, bil hal dengan perbuatan.

Kesempurnaan seruan adalah manakala pilar lisan ini selaras dengan tindakan raga. Yang terucap mengalir dalam perbuatan. #nasehat.

Demikian pula kesempurnaan izzah seseorang (kehormatan), yaitu manakala lisan dan raganya terjaga. Lisan terjaga ucapan, raga terjaga busana

Penyeru yang terjaga lisan dan raganya, penyeru yang mampu menyelaraskan antara lisan dan perbuatan raganya. Perbanyaklah pribadi spt ini.

Ajining Dhiri Gumantung Saka Lathi, Ajining Raga Gumantung Saka Busana. Salah satu #nasehat yg harus sll kita jaga dan amalkan setiap saat.


@masker76
Yogya, 27 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar