Kamis, 12 September 2013

Agar hati lapang? Buang semua hal negatif

  • Hati kita ibarat ruang yg kita taruh dalam dada kita. Semua perasaan kita akan muncul dan tersimpan di sana, jauh di dalam rongga dada itu.

    Begitu juga seperti apa pandangan kita akan kehidupan ini, akan sangat bergantung dari pernak-pernik yang mengisi rongga dada kita.

    Kesedihan atau kebahagian yg kita rasakan, kesempitan atau kelapangan dada yg kita inginkan, akan tergantung spt apa kita mengatur isi hati.


    Jika hati kita terasa sempit. Jika dada kita seolah sesak. Tengoklah, brgkl di sana tlh mengendap berbagai rasa yg hrs sgr kita buang jauh.

    Setiap kebencian akan mengendap di dasar hati. Buruk sangka, perasaan disakiti, dendam, makian, hinaan, cacian, ia spt pecahan kaca di sana.

    Setiap kali berbagai rasa negatif itu datang, setiap kali itu pula ia tersimpan di dlm hati. Berat dan memberatkan. Sesak juga menyakitkan.

    Ia akan bergemerincing dlm setiap langkah kita, membebani, memenuhi dan menyesakkan dada kita, menggores sakit, membuat kita sulit tidur.

    Maka, jika itu yang terjadi kawan, mari kita berhenti sejenak. Bersama sinar mentari pagi ini, punguti dan buang jauh setiap rasa disakiti.

    Menepilah sebentar dari riuhnya langkah kita, sembari tersenyum, pungut dan buang jauh setiap dendam yg muncul dlm hati kita sejauh mungkin.

    Bersama hembusan lembut sang bayu, pungut dan lepaskan semua buruk sangka, kebencian, makian, hinaan, dan segala cacian. Kita tak butuh itu!

    Lepaskan dan buang jauh. Hidup ini terlalu indah, jgn sibukkan hati dg menyimpan semua rasa itu. Mulailah hari baru dg hal-hal menakjubkan.


    Yogyakarta, 12 September 2013




Tidak ada komentar:

Posting Komentar