Selasa, 06 Mei 2008

Menulislah…

Menulislah…

Ya, menulislah kawan. Karena dengan menulis, sungguh engkau akan merasa hidup terus. Tulisan mewakili apa yang berputar dalam pikiran dan hati kita. Dengan menulis, maka ia seakan menjadi prasasti yang siap membawa pikiran dan hati kita ke dimensi waktu yang akan datang.

Bukan perkara yang sulit. Tapi juga bukan perkara yang enteng. Yang dibutuhkan adalah kemauan. Karena memang, untuk menuangkan sebuah ide menjadi tulisan dibutuhkan keseriusan tersendiri dengan ditambahi sedikit mood.

Dengan menulis, semua yang terpendam dalam benak pikiran dan tersimpan jauh dalam relung hati kita terdalam, dapat mengalir tanpa harus ada ganjalan. Selalu ada perasaan tersendiri ketika semua yang tidak bisa terucap dengan lisan, bisa kita tuangkan dalam bentuk tulisan.

Dengan menulis, orang pun akan paham dengan pola pikir kita. Dengan karakter kita. Bahkan mungkin sifat dan kecenderungan kita pun akan terbaca dari tulisan-tulisan kita. Ibaratnya, tulisan kita mencerminkan ruh yang bersemayam dalam raga kita.

Anda bisa melihat, orang-orang hebat bisa terlihat dari apa yang mereka tulis. Karena itulah gagasan-gagasan mereka. Karena itulah pikiran dan ide-ide mereka. Karena itulah letupan-letupan semangat dan asa yang ada dalam jiwa mereka.

Dengan menulis, pun kita bisa berlatih mengontrol dan mengevaluasi kepribadian kita. Karena tulisan-tulisan yang terdokumentasi, akan menjadi bukti otentik cerminan keadaan jiwa kita saat itu. Sehingga bisa kita evaluasi kembali.

Dan ingat pula, dengan menulis anda punya kesempatan untuk memberi pencerahan kepada banyak orang dan lebih banyak orang. Bahkan bisa jadi lintas generasi. Lihatlah para ulama yang telah meninggalkan warisan dalam bentuk ilmu-ilmu melalui kitab-kitab karangan mereka. Betapa mencengangkan kalo kita membayangkan pahala yang akan mereka peroleh karena amal berupa ilmu yang bermanfaat itu.

Karena itu, jangan ragu menulis. Tuangkan ide-ide, gagasan-gagasan, mimpi-mimpi, keinginan-keinginan anda segera. Karena boleh jadi, kesuksesan kita di masa datang sedang kita rancang dan bangun melalui kerangka-kerangka sederhana ini.

Mari mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar