Kamis, 29 Mei 2008

Paksa Diri Antum....!

Akhi fillah...
Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan. Karena memang pada hakikatnya dalam hidup kita ini selalu Allah pertemukan kita dengan pilihan-pilihan. Kita mau beriman atau kafir, itu adalah pilihan. Kita mau berbuat baik atau berbuat buruk, itu pun adalah pilihan. Pun, kita mau jannah-Nya atau neraka-Nya kelak, itu semua adalah juga pilihan-pilihan di depan kita.

Dan jamaknya...
Kita bertemu dengan realita bahwa begitu berat untuk mengambil pilihan-pilihan kebaikan. Sebagaimana Rasulullah sabdakan bahwa syurga itu dikelilingi oleh hal-hal yang tidak mengenakkan, sedangkan neraka dikelilingi oleh hal-hal yang enak dan mengasyikkan. Begitupun pilihan baik buruk, untuk sebuah kebaikan sering kita berat untuk melangkahkan kaki ini menuju ke sana. Sementara untuk sebuah keburukan, terkadang tanpa sadar barangkali karena kekurang hati-hatian kita, kita telah berjalan di atasnya.

Ironisnya...
Kita pun banyak menjumpai orang yang begitu memaksa diri mereka untuk bisa berbuat keburukan. Mereka rela mengorbankan apa saja untuk bisa melakukan hal-hal tersebut, meski kadang kala harus menyiksa diri mereka.

Ada orang yang mempelajari berbagai ilmu kesaktian dan rela menjalani berbagai ritual, agar dia bisa menjadi seorang pencopet atau pencuri yang ulung. Ada orang yang rela mengeluarkan uang beratus-ratus juta, bahkan mungkin milyaran, agar dia bisa menduduki sebuah jabatan sehingga dengan jabatan itu dia bisa mengumpulkan kekakayaan yang berlimpah ruah. Dan masih banyak lagi contoh di luar sana.

Pada intinya...
Ada orang untuk berbuat buruk saja mereka mesti memaksakan diri mereka, lalu kenapa kita untuk berbuat baik tidak memaksakan diri?

Paksa diri antum...

Saat sepertiga malam telah menjelang, begitu penat dan letih tubuh kita, begitu berat mata kita terbuka, maka paksa diri antum... paksa diri antum untuk bangun. Karena allah telah menunggu kita...

Saat adzan telah memanggil-manggil, begitu berat kita melangkahkan kaki kita ke masjid untuk bersegera memenuhi panggilan itu, maka paksa diri antum... langkahkan diri kita menuju kemenangan...

Saat banyak peluang-peluang kebaikan terbuka di depan kita, begitu enggan kita untuk meraihnya, begitu berat kita mencoba meraihnya, maka paksa diri antum... barangkali kesempatan itu tidak akan pernah datang lagi ke hadapan kita...

Ya, ada kalanya kita pun harus memaksa diri kita...
Untuk meraih sebuah kebaikan
Fid-dunya wal akhirat

"Berangkatlah kamu baik dalam Keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui." (QS At-Taubah : 41)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar